Skip to content

Mahasiswa Indonesia Main Rebana di Sekolah Obama

Februari 24, 2008

BELAKANGAN ini, bersamaan dengan proses pemilihan presiden Amerika Serikat, nama Punahou juga ikut naik daun.

Punahou adalah salah satu sekolah terkemuka di Honolulu, Hawaii. Setelah mengikuti pendidikan di SD Menteng 01, Jakarta Pusat, Senator Illinois kelahiran Hawaii, Barack Obama, menuntut ilmu dari tahun 1971 hingga lulus tahun 1979 di sekolah ini.

Lulus dari Punahou, Obama yang kini sedang bertarung dengan Senator New York Hillary Clinton untuk memperebutkan tiket Partai Demokrat ke pemilihan presiden Amerika Serikat melanjutkan pendidikan ke beberapa perguruan tinggi di mainland, mulai dari Occidental College di Los Angeles, Columbia University di New York, sampai Harvard University di Massachusetts.

Tulisan ini juga dimuat di myRMnews.

Foto atas: Para penari Ratoeh Doek dari kiri ke kanan, Agung, Ninik, Erda, Riza, Helen, Linda, Neneng, dan Teguh. Pemandu tarian, Ari, tidak tampak dalam gambar.

Foto bawah: Para pendukung nasyid dari kiri ke kanan, Ninik, Helen, Ari, Erda, Rahma, Teguh, Riza, dan Agung.

Nah, di sekolah Barack Obama itulah, di Punahou, hari Sabtu waktu Hawaii (23/2) anggota Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (Permias) cabang Hawaii mempertunjukan kesenian nasyid dan rebana, juga tarian Ratoh Doek yang oleh sebagian orang dikenal dengan nama tarian Saman dari Aceh.

Pertunjukan yang digelar di aula Wo International Center itu merupakan bagian dari komitment Punahou untuk memperkenalkan berbagai kebudayaan yang hidup di banyak tempat di banyak negara, sekaligus untuk mendorong agar murid-murid di sekolah itu mempunyai gambaran mengenai upaya membangun dunia internasional yang menerima keberagaman.

Selain rebana dan tarian Ratoeh Doek dari Indonesia, pertunjukan yang digelar sebagai bagian dari Festival Islam Punahou ini juga menampilkan tarian Malong dari komunitas muslim di Filipina, wayang kulit kreatif, dan pembacaan ayat suci Al Quran.

Menurut pelatih tim kesenian Permias Hawaii, Ari Palawi, ini adalah kali kesekian mahasiswa Indonesia diundang ke Festival Islam Punahou ini.

“Kegiatan seperti ini punya arti penting bagi Hawaii, khususnya murid-murid di Punahou, juga bagi mahasiswa Indonesia,” katanya.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: